Yeyen Afrika,S.Pd.I

Saya seorang guru Guru Kelas SD yang mengajar di Kabupaten Solok, saya berusaha untuk bisa juga menulis seperti guru-guru yang hebat dan seniorku...

Selengkapnya
Navigasi Web
Motivasi belajar pada anak (Menulis Hari ke-16)

Motivasi belajar pada anak (Menulis Hari ke-16)

Bagi anak-anak belajar adalah hal yang sangat membosankan dan sangat tidak menyenangkan. Wajarlah jika anak beranggapan demikian, karena usia anak adalah usia bermain dan kesenangan anak yang paling diminati adalah bermain. Karena dunia mereka adalah dunia bermain.

Ya, anak-anak di usia dini memang masih sulit untuk belajar dan belum mengerti apa manfaat belajar baginya. Namun hal ini tentu tak bisa dibiarkan ketika anak sudah mulai duduk di bangku sekolah, terutama Sekolah Dasar. Karena walau bagaimanapun, belajar tetaplah sangat penting untuk mengasah kemampuan akademis dan perkembangan anak.

Tentunya kita sebagai orang tua akan melakukan banyak hal agar anak-anak kita semangat dan mau di dalam belajar. Dengan begitu kita sebagai orang tua akan berusaha dengan berbagai cara untuk menumbuhkembangkan minat dan cata belajar anak agar bagi anak tersebut bahwa belajar itu adalah merupakan suatu kebutuhan bagi kita.

Mungkin disini kita akan mencoba mencari cara-cara yang bisa menumbuhkembangkan minat anak dalam belajar. Cara pertama yang perlu dilakukan orang tua agar anak mau belajar adalah dengan selalu memberikan dukungan pada anak agar dia bersemangat belajar. Termasuk memberikan fasilitas belajarnya. Seperti memberikan buku pelajaran yang diperlukan, meja belajar, atau apapun yang anak butuhkan. Mungkin hal ini terkesan sepele, tapi memiliki pengaruh dalam menentukan apakah anak akan rajin belajar atau tidak. Ketika seorang anak merasakan dukungan orang tua atas keinginannya maka anak pun akan merasa bertanggung jawab dan berusaha untuk belajar dengan sungguh-sungguh.

Kemudian yang kedua adalah orang tua yang perhatian kepada anaknya sudah seharusnya dapat memberikan waktu untuk berkomunikasi dengan anak. Tanyakan apa saja aktivitas anak di sekolah, apakah ada hal yang menarik atau adakah hal yang tidak dia sukai? Komunikasi ini cukup efektif untuk membuat anak menyadari bahwa kita sebagai orang tua benar-benar perhatian padanya. Anak-anak yang merasakan ketulusan perhatian orangtuanya, akan termotivasi untuk terus belajar.Satu lagi cara mendidik anak agar mau belajar adalah dengan memberikan reward ketika anak berprestasi. Tapi, jangan pernah memberikan anak reward tanpa menunjukkan usaha dan upaya untuk terus belajar. Anak-anak yang merasakan reward ketika berprestasi, ini anak akan dapat terus termotivasi belajar dan kembali mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi dari yang sebelumnya. Prestasi ini pun kemudian akan menjadi alasan mengapa anak-anak harus terus belajar dan akhirnya anak-anak pun memahami, bahwa melalui belajar ada banyak hal yang bisa ia dapatkan.

Coba jelaskan manfaat belajar pada anak sebagai cara untuk membuatnya mengerti dan mau belajar. Anda harus meluangkan waktu dan mengajak anak berbincang-bincang mengenai apa saja manfaat belajar bagi masa depannya kelak. Anak-anak pun harus dibuat mengerti bahwa dengan belajar, berbagai hal yang diinginkan dapat dimiliki. Dan dengan belajar ini, akan membuat anak tersebut akan lebih mudah dalam segala hal, diantaranya mencapai keinginannya untuk menjadi apapun yang disukainya.

Semoga kita sebagai orang tua bisa memotivasi belajar pada anak kita dengan melakukan berbagai cara apapun itu.

Salam Literasi untuk kita semua

Solok, 14 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap Bu... sukses selalu

14 Jul
Balas

Mksih bu....Begtu jg dgn ibu....sukses selalu jg

14 Jul

Top bunda...

14 Jul
Balas

Makasih bu....

15 Jul

Keren Bu ulasannya, trimakasih. Smoga makin sukses dan tetap smangat. Salam literasi

14 Jul
Balas

Mksih, pak ...

14 Jul

Anak dijenjang usia sekolah memang harus diberikan perhatian ekstra, sebagai orang tua kita harus paham kekurangan dan kelebihan serta bakat anak, sehingga dalam memberikan motivasi selaras dengan keinginan anak2. Artikel yang kereeen bunda, salam sukses selalu.

14 Jul
Balas

Ya, pak....Mkasih pak....

14 Jul

Keren... ulasannya bagus bu.

14 Jul
Balas

Mkasih pak....

14 Jul

Keren sbg orang tua harus lebih memperhatikan pembelajaran anak, karena anak lebih banyak di rumah dari pada di sekolah

14 Jul
Balas

Yap betul itu, bu....Mkasih, bu...

15 Jul

Yap betul itu, bu....Mkasih, bu...

15 Jul

Semoga kita sebagai orang tua bisa memotivasi belajar pada anak kita dengan melakukan berbagai cara apapun itu. Aamiin

14 Jul
Balas

Iya bu.....Aamiin....

14 Jul

Keren buk

16 Jul
Balas



search

New Post